Mesir Larang Bantuan Kemanusiaan Dari Meir Masuk Gaza

Selasa, 08 Juni 2010


Rafah – Infopalestina: Pemerintah Mesir melarang masuknya komvoi bantuan kemanusiaan dari“Delegeasi Kebebasan 2” yang terdiri dari Sembilan anggota parlemen Mesir yang membawa bahan-bahan bangunan, semen dan besi masuk Gaza.

Keputusan ini diambil menyusul penangkapan terhadap seseorang yang berada di empat container saat melintasi perbatasan Rafah.

Dalam hal ini, Hazim Faruq, salah satu anggota parlemen yang ikut dalam rombongan armada kemanusiaan 1 yang diserang Zionis di perairan internasional, Senin (31/5) mengatakan, kami terkejut dengan tindakan keamanan Mesir yang menjabel container kita yang membawa bahan bangunan serta semen. Mereka juga merampas surat izin masuk dari sopir yang mengangkut bahan bantuan tersebut serta mengancamnya akan dipenjarakan. Padahal kita sudah masuk wilayah gaza sejauh 20 km. Setelah kami pastikan ternyata mereka tidak akan mengizinkan bantuan itu masuk Gaza.

Ia menambahkan, menurut warga sekitar keamanan Mesir tidak pernah mengizinkan masuknya sepotong besipun untuk Gaza. sebelumnya kami tidak mempercayainya, tetapi sekarang semuanya terbukti. Padahal kami telah berkoordinasi dengan Liga Arab dan telah mendapatkan bantuan dari rakyat untuk menyampaikanya pada rakyat Palestina.

Di pihak lain, fraksi Reformasi dan perbaikan Hamas di parlemen Palestina mengecam keputusan pemerintah Mesir tersebut. Dallam keterangan Hamas menyerukan pemerintah Mesir untuk membuka perlintasan secara permanen untuk memenuhi semua kebutuhan warga yang terblokir. Hamas meminta rakyat Mesir bersikap tegas kepada pemerintahnya untuk menolong saudaranya yang terisolaso sejak empat tahun lalu.

Sejumlah aleg Islam di Tepi Barat bahkan meminta ulama-ulama Mesir untuk memimpin ummatnya berperan active dalam pembebasan blokade Gaza, terutama setelah munculnya kebijakan-kebijakan pemerintahnya yang menolak masuknya bahan bantuan untuk raktar Gaza serta menutup perlintasan Rafag kembali. (asy)

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Sekitar Piala Dunia 2010

Sekitar Piala Dunia 2010
Brazil Trauma Masa

Labels