PRESIDEN SBY BERIKAN PENGHARGAAN KALPATARU KEPADA NP RAHADIAN,WARGA KOTA SERANG

Rabu, 09 Juni 2010


Jakarta,FBn (8/6)- Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menganugerahkan Penghargaan Kalpataru Th 2010 kepada Np Rahadian,direktur LSM Rekonvasi Bumi,asal kota Serang,Banten,beserta 11 warga dan LSM pecinta lingkungan lainnya,di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/6).
Np Rahadian sendiri,menerima penghargaan Kalpataru dari Presiden,dengan menggunakan pakaian adat Banten,dan nampak bangga saat memegang penghargaan dari Presiden tersebut.
Presiden SBY memberikan penghargaan Kalpataru kepada 12 penerima,dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010. Mereka yang menerima Kalpataru masing-masing Mateus Bere Bau (NTT), Mahyiddin (NAD), Kholifah (Jatim), Ujang Solikhin,Djohan Riduan Hasan (Pangkal Pinang).
Sedang Kalpataru kategori Pengabdi Lingkungan diberikan ke Yohanes Ebo SP (NTT), Sumadi (Jatim). Kategori Penyelamat Lingkungan LSM Pilihi Dairi, KPSA Puspita Hijau (Jatim), LSM Rekonvasi Bumi (Banten). Kategori Pembina Lingkungan Dra Endang Sulistyowati (Jatim), Prof Dr H Sudijono MSi.
Bersamaan dgn pemberian Kalpataru juga diberikan penghargaan adipura.
Dalam sambutannya,SBY mengatakan,bahwa seluruh penerima penghargaan Kalpataru adalah pahlawan,pejuang, dan pencinta lingkungan yang sejati.
"oleh karena itu,pertahankan dan tingkatkan prestasi yang Saudara raih,'' kata Presiden.
Ia juga mengatakan,para penerima penghargaan meski dicontoh oleh pejabat dan komunitas lain di Indonesia.
Usai menerima penghargaan dari Presiden SBY,NP Rahadian didampingi istri dan Kepala Dinas Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Serang,Anang Mulyana,mengatakan,meski dirinya merasa senang dan terharu,namun bukan berarti dirinya telah sukses bersama anggota LSM Rekonvasi Bumi lainnya,menyelamatkan lingkungan yang ada di Banten.
"Saya sebenarnya tidak menyangka LSM Rekonvasi Bumi mendapat pengahargaan Kalpataru dari pak Presiden,"kata Rahadian singkat.
Ia juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat,agar terus peduli terhadap lingkungan di Banten,dan menjaga kelestarian lingkunganyang dianugerahkan Allah kepada kita.
Np Rahadian adalah warga Kota Serang pertama,yang akan menerima Kalpataru,dan kedua di Banten,setelah pada tahun 2004,masyarakat Adat Baduy dari Desa Kanekes Provinsi Banten berhasil menjaga kawasan ulayat Baduy seluas 5,101 hektar dan menyelematkan 125 sumber mata air.
Penghargaan KALPATARU diberikan pada seseorang atau kelompok masyarakat yang telah menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsihnya di dalam memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup.
Sejak tahun 1980 sampai 2008 jumlah penerima penghargaan Kalpataru 252 orang/kelompok.
Penyerahan Kalpataru dilakukan oleh Presiden R.I. setiap tahun bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni. Pemberian penghargaan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu insentif dan stimulus untuk memotivasi inisiatif lokal, serta diharapkan memberikan "multiflier effect" pada perorangan atau kelompok masyarakat di daerah lain untuk berbuat yang sama pada lingkungannya.
LSM Rekonvasi Bumi,adalah sebuah kelompok yang bergerak dalam jasa lingkungan,yang awalnya sekelompk masyarakat yang peduli terhadap lingkungan di Banten,yang semakin hari kian surut kelestariannya.
Visi Lembaga Masyarakat Rekonvasi Bhumi adalah mewujudkan bumi hijau dengan air, tanah dan udara yang sehat.
Sementara misi Lembaga Swadaya Masyarakat rekonvasi bhumi adalah membentuk tatanan masyarakat yang memandang penting Pengelolaan lingkungan hidup, sehingga bumi hijau, dengan air, tanah dan udara yang sehat dapat terwujud.(LLJ)

1 komentar:

.:: Rudal Banten ::. mengatakan...

selamat...

Posting Komentar

 
 
 

Sekitar Piala Dunia 2010

Sekitar Piala Dunia 2010
Brazil Trauma Masa

Labels